Jurnal Siasat Bisnis, Vol 1, No 8 (2003)

Font Size:  Small  Medium  Large

Pengaruh Motivasi Spiritual Karyawan terhadap Kinerja Religius: Studi Empiris di Kawasan Industri Rungkut Surabaya (Sier)

Muafi Muafi

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi spiritual terhadap kinerja religius karyawan di kawasan industri Rungkut Surabaya (SIER). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (a) motivasi akidah, motivasi ibadah, motivasi muamalat berpengaruh secara serempak terhadap kinerja religius, (b) motivasi muamalat memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja religius, (c) ada perbedaan kinerja karyawan operasional dan non operasional di Kawasan Industri Rungkut Surabaya (SIER). Subjek (sampel) dalam penelitian ini adalah karyawan Kawasan Industri Rungkut Surabaya (SIER) berjumlah 110 orang (sampel). Metode penarikan sampel secara non probabilitis dengan purposive sampling. Data diperoleh melalui data primer dengan cara membagikan pertanyaan untuk ditanggapi dan melalui wawancara. Data sekunder yakni melalui catatan dan profil perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dan uji beda independent sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) motivasi spiritual: motivasi akidah, motivasi ibadah dan motivasi muamalat secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja religius, (b) motivasi muamalat memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja religius, dan (c) tidak ada perbedaan kinerja religius antara karyawan operasional dan non operasional di Kawasan Industri Rungkut Surabaya (SIER)

Kata kunci: motivasi spiritual, kinerja religius.

Full Text: PDF